Monday 24 March 2008

Iche: disaster management

Risye Dwiyani, atau dikenal dengan panggilan Iche (plus kadang2 dikasih orang embel2 Juice, jadi es jus, atau Trisnawati, hehe), adalah alumni Plano ITB (S1) angkatan 1999. Dahulu, ketika TA, Iche mengerjakan sesuatu yang ternyata kurang dijiwainya.. hehe yaitu transport. Setelah mendapat inspirasi dari pengalaman sesudah iche lulus tahun 2004 dari ITB (dan sebelum Tsunami 2004), Iche memutuskan untuk berkelana di bidang Disaster Management. Terbanglah Iche ke dunia serba mini, Jepang, karena saat saya dapat inspirasi pertama kalinya untuk menggeluti bidang itu juga, dapatnya dari Jepang, dari Disaster Prevention Center untuk masyarakat setempat belajar ttg disaster dan responnya dengan ruang2 simulasinya, yang ada hampir di semua kota besar. Apalagi setelah Tsunami 2004, Iche tambah semangat untuk menimba ilmu dan pengalaman di bidang disaster management.
Iche memulai program S2-nya, di Jurusan Urban Management, Kyoto University bulan April 2006, setelah menjadi research student selama setahun (most of the time belajar bahasa jepang). Tergabung di Research Center for Disaster Reduction Systems dibawah supervisi Prof. Norio Okada. Lab ini banyak terkait dengan unsur sosial dan ekonominya, seperti risk communication, community resilience, social network, risk finance, dan pemodelan ekonomi. Iche sendiri saat ini belajar mengenai risk communication, tepatnya disaster education for children. Banyak menggunakan statistik, mungkin akan menggunakan qualitative research juga, dan kadang2 menyentuh bidang applied psychology (masih belajar sekarang). Dari dulu ingin belajar GIS tapi belum kesampean, hehe, bidangnya sekarang benar-benar tidak spasial (walaupun bisa dibuat spasial). Mungkin Iche harus belajar dengan teman2 yang ada di Belanda sana.
Sesuai dengan minatnya, diluar kegiatan akademik, Iche juga tergabung di KIDS circle, kumpulan mahasiswa dan staf Kyoto University yang tertarik untuk berbagi pengetahuan tentang disaster mechanism dan response ke anak-anak, di Jepang dan Indonesia.
Terima kasih untuk Tim Moderator PL ITB Abroad ini, semoga dengan ini kita bisa menjalin silaturahmi dan menambah wawasan plus semangat untuk mengabdi ke masyarakat. Nanti saya update lagi yaa...

No comments: