Monday 3 March 2008

Adiwan: regional economics, GIS

Adiwan Fahlan Aritenang, atau erat dipanggil Adiwan, Adi, atau Wan adalah alumni s1 PL ITB angkatan 2000. Adiwan sekarang mahasiswa dan peneliti S3. Minat keplanologian Adiwan sejak dahulu terkait kewilayahan. Khususnya sekarang Aiwan sedang menyelami ekonomi wilayah, analisis keruangan, dan globalisasi.

Pada periode 2005-2006, Adiwan mengikuti program s2 Geographic Information Technology di the University of Melbourne, Australia. Program tsb fokus mempelajari berbagai ilmu dasar terkait dengan sistem informasi geografi seperti GIS, GPS, WebGIS, administrasi pertanahan, database 3 dimensi, remote sensing, dll. Keuntungan dari program ini menurut Adiwan adalah:

  • Perpustakaan lengkap dan bisa akses perpustakaan ke universitas lain di Victoria state (Monash Univ, RIMIT, dll) .
  • Peralatan lab yang lengkap (komputer, remote sensing goggle, GPS).
  • Bisa instal software di pc individu untuk 1 tahun.

Sementara kekurangannya adalah program ini cocok 'untuk research, lebih fokus ke engineering side of GIS daripada ke aplikasi'. Adapun pesan/saran untuk para peminat program serupa:

'Banyak baca buku+literature ttg GIS untk mencari kampus yang tepat karena focus setiap departemen GIS di Universitas beda-beda. Misal di Melbourne univ focus ke information technology, di Curtin Univ lebih ke arah GIS untuk pertanian dll'.

Sejak tahun 2007, Adiwan melanjutkan studi S3 di University College London (UCL), UK. Penelitian S3 nya berfokus pada ekonomi geografi dan ekonomi wilayah, khususnya agglomerasi, industry spatial network, dan globalisasi. Kelebihan UCL menurut Adiwan adalah:

  • Terletak di tengah kota London, Departement Geography UCL sangat besar (Human, physical, social, economy) dan peringkatnya kompetitif.
  • Perpustakaan sangat lengkap dan ratusan e-jurnal.
  • Ada fasilitas “remote server software” jadi bisa akses semua software yang ada di kampus cukup dengan koneksi internet ke server software kampus.
  • Banyak pelatihan gratis untuk mahasiswa S2-S3 misal training bahasa, software komputer, metode penelitian, dan training oleh perusahaan

Sementara kekurangannya adalah (biaya) sekolah mahal, biaya hidup mahal. Pesan/saran Adiwan untuk peminat:

  • Biaya studi di UK sangat mahal jadi pastikan pilih jurusan yang diinginkan.
  • Di London ada 3 kampus besar untuk minat yang berbeda UCL (kedokteran, geography, dan planning), Imperial College (bioteknologi dan teknik), dan London School of Economics (Economi dan politik).
  • Untuk lebih murah, bisa cari kampus di luar London.

No comments: