Wednesday 26 March 2008

Akino: Environmental Science and Tech

Nama saya Akino M. Tahir atau dipanggil Akino/Qnoi. Saya alumni PL '99 ITB (S1). Sekarang aktivitas saya adalah sebagai student, tanpa afiliasi (tidak terikat institusi apapun di Indonesia). Minat saya terkait dengan environmental planning, community planning, youth and development. Motivasi bergabung dengan milis: biar gak ketinggalan jaman dongg.. :D.

Setelah mengikuti program riset student 2006-2007 di Tokyo Institute of Technology (TIT/Tokyo Tech), Jepang, saya langsung melanjutkan ke program master di universitas yang sama, jurusan Environmental Science and Technology, Interdisciplinary Graduate School of Science and Engineering, tepatnya di Harashina Lab. Riset saya tentang potensi dampak kegiatan emergency response pada environment (environment, social, health).. sedang dalam taraf memfokuskan riset... Program ini sifatnya interdisciplinary, jadi banyak tambahan wawasan dari bidang2 ilmu lainnya, dan bisa ngeliat keterkaitan satu bidang ilmu dengan bidang lainnya.. untuk universitas, skarang udah ada program percepatan untuk master dan doktor yang selesai dalam waktu 4 tahun, selain itu juga S3 di tokodai udah gratis. Tapi, kalo gak ngerti bahasa jepang, gak guna juga sih.. hehehe.. soalna semuanya dalam bahasa jepang... tapi skarang udah ada program untuk international student jadi yang gak bisa bahasa jepang bisa ngambil program ini.

Sekolah di jepang menurut saya lebih tidak banyak tuntutannya dibandingkan di negara lain, bahkan dibandingkan indonesia, disini harus pinter2 men-challenge diri sendiri supaya bisa dapet ilmunya, karna terus terang, *mungkin juga karna lab saya gak internasional jadi ada kendala bahasa*, di jepang kita gak ditantang untuk berpikir kritis.. untuk beasiswa dan biaya hidup, saya bisa bilang bahwa kalo udah datang ke jepang, nyari beasiswa itu gak sulit, asal kita usaha. kalopun gak dapet beasiswa, dengan part-time job (yang maksimal 28 jam seminggu), kita udah bisa bertahan dan membayar biaya sekolah sendiri.. :)..

Informasi tambahan :
Gender : F (kali aja blum tau)

No comments: