Wednesday 5 March 2008

Delik: urban and metropolitan planning

Delik Hudalah atau panggil saja Delik adalah alumni PL ITB angkatan masuk 2000. Minat Delik terkait perencanaan kota, perumahan, kelembagaan perencanaan, teori perencanaan, dll.

Delik sempat mengikuti program MSc. Environmental and Infrastructure Planning (EIP), University of Groningen, NL pada periode 2005-2006. Program S2 12 bulan ini memiliki fokus pada perencanaan wilayah dan kota dengan konsentrasi pengembangan infrastruktur dan perlindungan lingkungan. Substansi kuliah diarahkan pada peningkatan kompetensi dalam proses pengambilan keputusan dalam perencanaan. Kelebihan program terletak pada implikasi pemahaman teoretis, berguna terutama bagi mereka yg akan terlibat dalam proses pengambilan keputusan, mengenali isu2 mutakhir dalam perencanaan (mis. global change, water management, etc.), dan belajar praktek perencanaan dari pengalaman negara2 maju, khususnya Eropa dan Belanda yang terkenal dengan sebutan ' planners' paradise'. Kekurangannya adalah bobot pemahaman teoretis/konsepsual yang cukup besar, beban kuliah lumayan padat (krn desain program 1 thn), sedikit ilmu2 teknisnya seperti GIS, kurangnya konteks negara berkembang. Jika anda tertarik belajar hal2 teknis jangan deh ambil program ini. Namun, jika tertarik memahami proses pengambilan keputusan dalam perencanaan, khususnya terkait isu2 terkini dalam infrastruktur dan lingkungan, mungkin ini salah satu alternatif yang cocok.

Sejak awal 2007 Delik mengikuti program S3 pada universitas yang sama. Penelitiannya terfokus pada kompleksitas transisi desa-kota dan implikasinya terhadap perencanaan. Sebagian ide dan karyanya ditunjukkan pada blog urban and regional studies.

No comments: